oleh | 25 Mei 2018 | Foto Model | 0 Komentar

Foto model saat ini menjadi primadona dalam menampilkan sebuah foto produk. Foto menjadi menarik, indah, dan konsumen bisa membayangkan produk saat dipakai. Kalau kamu baru saja membuat bisnis online, mungkin kamu akan bertanya berapa harga foto model? Tau ngga, kalau harga foto model ternyata ngga semahal yang kamu bayangkan loh.

Kadang terasa menakutkan bagi pemilik usaha saat mendengar kata-kata “Foto Model”. Banyak orang menilai foto produk dengan model memerlukan biaya yang sangat besar.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa biaya yang akan dikeluarkan tidak sedikit. Tapi memiliki foto yang sangat bagus, apalagi ada model yang memperagakan produk, adalah hal yang sangat penting bagi bisnis online.

Pertanyaannya, semahal itukah harga foto model? Berapa harga fotonya?

Pada artikel ini Nagari Studio akan mencoba untuk membahas se-detil mungkin bagaimana foto produk (terutama menggunakan model) bisa menjadi investasi bagi usahamu dan Nagari juga akan membuka berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan foto produk dengan model.

Baca sampai selesai dan jangan lewatkan ilmu yang akan kamu dapatkan.

Product photography (foto produk) memang tidak lengkap rasanya kalau tanpa ada model yang menggunakan. Apalagi kalau foto produknya adalah baju, tas, sepatu, jam tangan, atau kacamata.

Wah rasanya harus sewa model yang pas untuk memakai produk kamu!

Pertanyaannya berapa harga foto model? Apakah biayanya akan semahal yang kamu bayangkan?

Harga Foto Model, Berapa Sih? 1
Related Post:  Harga jasa foto produk, kog mahal sih? 5 Alasannya

Di Nagari Studio, kamu bisa melakukan foto model mulai dari Rp 100.000 saja per produknya. Kamu akan mendapatkan 6-8 frame foto yang akan memperlihatkan semua detil produk kamu.

Biaya 1 frame foto model berarti hanya Rp 12.500 saja!

Murah kan? Untuk detil layanan Nagari Studio kamu bisa lihat halaman Foto Model Nagari Studio.

Nah, untuk kamu yang tidak ingin order di Nagari Studio tentu saja kamu bisa membuat sesi foto model sendiri yang bisa kamu sesuaikan dengan konsep dan budgetmu.

Bagaimana caranya?

Teruskan baca dan kamu akan tahu semua biaya untuk membuat sesi foto model sendiri.

foto model bule wanitaHarga Foto Model, Berapa Sih? 2

Psst… pamer sedikit nih. Foto ini adalah foto model yang digunakan untuk re-branding usaha skin-care di Riau.

Foto yang dikanan sudah dilakukan touch-up (heavy editing) sehingga hasilnya menjadi jauh lebih menarik.

Variabel Harga Foto Model

Ada 6 variabel utama yang akan sangat mempengaruhi harga foto model, jika kamu memutuskan untuk melakukan sendiri foto produkmu.

  1. Harga model
  2. Biaya make up artis
  3. Biaya stylish
  4. Biaya sewa tempat
  5. Akomodasi
  6. Biaya fotografer

Sebagai catatan, harga yang ada pada tulisan ini tidak mengikat. Tergantung pada pengalaman dan skill dari masing-masing artis. Ada yang bisa bekerja dengan harga lebih murah tapi ada juga yang memasang harga lebih tinggi.

Harga Foto Model, Berapa Sih? 3
Harga Foto Model, Berapa Sih? 4
01.

Harga Model Fotografi

Biaya model berkisar antara Rp 500.000 – Rp 900.000 per 6 jam. Model yang digunakan juga bukan model profesional karena jika kamu ingin menggunakan model profesional harga kontrak kerjasama bisa sampai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Model yang digunakan biasanya adalah model yang baru lulus sekolah modeling atau baru menjalani program sekolah model.

Related Post:  5 vendor terbaik jasa foto produk Jogja

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan model yang tanpa ilmu modeling, biaya bisa ditekan lebih banyak lagi. Namun kekurangannya, si model akan terlihat kurang luwes didepan kamera, terlihat kaku, dan mungkin kurang enak dilihat hasil akhir fotonya.

Cantik dan ganteng tidak menjadi parameter bagus-tidaknya hasil fotografi. Tapi bagaimana luwesnya si model dalam memperagakan produk yang dibawa.Nagari Studio

02.

Biaya Make Up Artis

Jika model melakukan foto produk baju, make up menjadi elemen yang sangat penting. Pada saat sesi foto tidak semua model memiliki kulit yang sempurna, dan untuk mendapatkan kesempurnaan itu diperlukan make up.

Make up juga diperlukan untuk mendapatkan kesepadanan warna muka dengan baju atau produk yang dipakai si model.

Biaya untuk make up artis berkisar antara Rp 500.000 – Rp 900.000. Tapi kalau kamu bisa make up, tidak ada salahnya jika kamu tuangkan skill kamu! Siapa tau malah kamu bisa kolaborasi dengan si fotografer dan model untuk buka jasa foto model. Nice kan!

Harga Foto Model, Berapa Sih? 5
Harga Foto Model, Berapa Sih? 6
Mau punya Foto model dengan kualitas mantap?

Cuma 295 ribu per produk, dan dapatkan 7-10 frame foto yang bisa kamu gunakan untuk jualan online.

03.

Biaya Stylish

Stylish berfungsi untuk menyelaraskan produk, aksesoris, make up dan gaya si model. Misalnya produk yang akan difoto adalah tas, stylish akan mengarahkan warna dan jenis baju yang dipakai, aksesoris, warna make up, dan bagaimana si model harus memperagakan produk yang dibawa.

Harga stylish berkisar antara Rp 900.000 – Rp 2.500.000 per 6 jam.

Bagaimana kalau tanpa stylish? Masih bisa. Kadang dengan model dan fotografer yang berpengalaman, mereka sudah bisa mengarahkan bagaimana harus mempresentasikan sebuah produk.

Related Post:  Foto produk baju: Flatlay vs Manekin vs foto Model, mana yang terbaik?

Note : Majalah-majalah profesional yang sudah besar tetap membutuhkan stylish untuk mengatur jalannya proses sesi fotografi. Jadi sebenarnya stylish ini memegang peran yang sangat besar juga.

Harga Foto Model, Berapa Sih? 7
04.

Biaya Fotografer

Pekerjaan fotografer adalah mengambil foto dan melakukan editing foto. Selain itu, dia juga akan mengarahkan pencahayaan sehingga foto yang diambil memiliki kualitas terbaik.

Pencahayaan?

Begini, warna produk bisa berubah kalau pencahayaan terlalu terang atau terlalu gelap. Pastinya kamu ngga mau donk foto produk yang aslinya warna merah tapi saat difoto warna produk berubah menjadi maroon.

Fotografer juga yang akan berkomunikasi dengan klien tentang konsep, tempat, dan kelengkapan yang lain.

Biaya jasa fotografer untuk foto produk dengan model berkisar antara Rp 3.000.000 – Rp 6.000.000 per 6 jam.

Foto Model untuk UKM, Layakkah?

Memang benar bahwa ekonomi Indonesia sebagian besar digerakkan oleh UKM. Dan dengan munculnya marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Zalora, Bukalapak, dll, kegiatan ekonomi UKM makin menggeliat.

Faktor penjualan paling penting pada marketplace (dan penjualan online) adalah foto produk. Calon konsumen memilih untuk beli karena tertarik dengan foto produk yang kamu tampilkan, bukan dari deskripsi produk 🙂

Related Post:  Harga jasa foto produk, kog mahal sih? 5 Alasannya

Lalu apakah UKM bisa mempunyai foto produk dengan model?

Layakkah pengusaha UKM mengeluarkan sejumlah uang yang “lumayan” besar untuk mendapatkan foto produk dengan model?

BISA dan LAYAK!

Entah menggunakan jasa foto model Nagari dengan biaya Rp 100.000/produk, atau membuat sesi foto model sendiri.

Bahkan Nagari Studio berani mengatakan pengusaha UKM harus memiliki foto produk terbaik!

Harga Foto Model, Berapa Sih? 8

Perhitungan total harga foto model

Jika kita hitung dengan harga paling murah untuk semua variabel, maka kita akan mendapatkan harga untuk per 6 jam sesi fotografi sebesar :

Rp 5.500.000 per 6 jam sesi fotografi diluar biaya akomodasi seperti transportasi, makan crew, dll. Jika ditambah akomodasi bisa diasumsikan total biaya menjadi Rp 6.000.000.

Mahal? Coba kita hitung lagi.

Dengan 6 jam sesi fotografi kamu bisa dapat 20 produk. Jadi biaya foto 1 produk adalah Rp 300.000.

Biasanya 1 produk bisa dapat 3 – 7 frame, rata-rata berarti 5 frame. Nah 1 frame biayanya adalah Rp 60.000.

Dengan biaya 6 juta kamu akan mempunyai 100 frame foto model untuk promosi usahamu. Yap! Murah kan!

Rp 60.000/frame foto(atau Rp 12.500/foto dengan jasa foto model Nagari) sebagai biaya promosi itu murah banget! Sebuah usaha tanpa iklan/promosi hampir seperti jalan ditempat. Nagari Studio

Kesimpulan harga foto model bagi bisnis

%

Orang mengingat apa yang mereka lihat

%

Konsumen mengatakan foto produk sangat penting

Dari perhitungan diatas, ternyata foto produk dengan model itu sangat murah. Apalagi biaya tersebut hanya dilakukan sekali aja selama masih menjual produk yang sama.

Efek foto produk juga luar biasa! Konsumen lebih tertarik untuk melihat produkmu, konsumen juga tidak akan komplain karena produk berbeda dengan foto, review konsumen menjadi positif, omzet penjualan pun bisa meningkat.

 

Suka dengan yang kamu baca?

Suka dengan yang kamu baca?

Langganan newsletter Nagari Studio untuk mendapatkan informasi menarik lain seperti yang kamu baca sekarang ini. Dan kamu juga akan jadi yang pertama tahu jika ada diskon atau program giveaway foto produk dari Nagari Studio.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This