oleh | 28 Jun 2019 | Bisnis, Foto Produk | 0 Komentar

Jasa foto produk mempunyai peran yang sangat besar bagi perkembangan bisnis online, dengan adanya jasa foto produk yang profesional kamu bisa memberikan foto produk yang detil sehingga menarik perhatian konsumen untuk melakukan transaksi. Tapi, ternyata, tidak sedikit pengusaha online yang mengeluhkan harga jasa foto produk yang mahal. Benarkah harga jasa foto produk sedemikian mahal?

Sebagai seorang pebisnis online tentunya kamu akan sering untuk mencari informasi mengenai harga jasa foto produk. Mau tidak mau, foto produk adalah materi yang akan kamu gunakan dalam melakukan promosi baik di sosial media, website atau marketplace.

Cara yang paling banyak ditempuh dan paling mudah saat ini adalah dengan menggunakan fasilitas mesin pencari, seperti Google.

Cukup ketik kata kunci : harga jasa foto produk, maka sederet hasil pencarian akan ditampilkan. Lalu kamu mulai klik satu-per-satu website yang ada untuk membaca informasi apa yang disediakan. Harga, promosi, layanan, tata cara, dan lain sebagainya.

Tapi, ternyata hasil pencarian yang ada tidak memuaskan bagi kamu. Apa masalahnya? Harga.

Banyak pebisnis online yang menyerah menggunakan jasa foto produk karena harga jasa foto produk yang dirasa mahal. Mereka merasa budget untuk melakukan foto produk tidak ada karena bisnis belum mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

harga jasa foto produk yang menurut banyak orang masih mahal

Yang menentukan harga jasa foto produk

Jasa foto produk adalah sebuah industri bisnis yang bergerak dibidang jasa. Tentunya, tujuan utama bisnis adalah meraih keuntungan yang besar dengan cost yang serendah-rendahnya. Begitupun dengan kamu, yang memiliki bisnis online.

Mahal atau murahnya harga jasa foto produk akan menentukan kualitas foto produk. Sebagai seorang fotografer, ada biaya yang harus dikeluarkan :

  1. Harga kamera yang tidak murah, sekitar Rp 35 juta dan service serta perbaikan yang harus dilakukan.
  2. Harga kertas background yang 1 lembar kertas mencapai harga Rp 1.500.000 dan harus diganti secara periodik.
  3. Harga lampu flash, sparepart, dan service.
  4. Komputer yang memiliki spesifikasi tinggi agar dapat digunakan secara maksimal saat melakukan editing foto.
  5. Biaya listrik yang tinggi, karena watt komputer dan flash yang tinggi.
  6. Biaya studio dan gudang untuk menampung banyaknya produk yang datang, sekitar Rp 50 juta/tahun.

Segala biaya yang dikeluarkan itu kemudian dikonversi menjadi biaya pertahun. Sehingga biaya pokok serta keuntungan dapat dihitung dengan jelas.

Kemudian, kata konsumen:

BULLSHIT!

Saya tidak peduli dengan biaya yang harus kamu keluarkan Nagari Studio!

Hahaha… Tenang saja, kami tidak akan menjelaskan berapa banyak pengeluaran yang harus kami keluarkan setiap tahunnya atau berapa besar keuntungan yang kami targetkan.

Nope, kamu tidak akan pernah mau mendengarnya. 🙂

Daripada memikirkan Nagari Studio, akan lebih baik untuk kamu jika kamu tahu beberapa hal yang akan membuat kamu merasa sebenarnya harga jasa foto produk itu murah.

Kami menuliskan 5 alasan kenapa harga jasa foto produk di Indonesia ini sebenarnya murah banget.

No. 5, ada dibagian kesimpulan 🙂

Alasan harga jasa foto produk itu mahal

1. Foto produk adalah investasi bisnis untuk kamu

Nah, seru kan kalau kamu tahu ternyata foto produk itu adalah sebuah investasi bisnis!

Tunggu dulu, kenapa foto produk bisa menjadi sebuah investasi?

Berdasarkan penjabaran makna investasi dari Business Dictionary, “In economics, investment means creation of capital or goods capable of producing other goods or services.”

Investasi bisnis adalah membeli sebuah produk yang bisa membuat produk atau layanan lain dengan nilai yang lebih tinggi. Dengan membeli foto produk yang profesional, maka kamu bisa memasang foto produk itu di marketplace, sosial media, website, poster, brosur, dan kamu juga bisa menghargai produk kamu sedikit lebih tinggi dibanding produk lain yang difoto secara… hmmm pas-pasan.

Bener banget, selain itu foto produk menjadi sebuah investasi bisnis karena sebuah foto yang kamu beli sekali bisa digunakan untuk berkali-kali dan selama-lamanya.

Contoh kasus nih, misalnya dengan foto produk yang pas-pasan kamu bisa menjual 10 produk perminggu. Nah dengan kamu membeli jasa foto produk profesional, maka tampilan produk kamu akan lebih menarik sehingga akhirnya kamu bisa menjual 20 produk perminggu.

Bukankah itu sebuah bisnis yang menguntungkan?

Investment means creation of capital or goods capable of producing other goods or services.Business Dictionary

2. Harga jasa foto produk menentukan kualitas

Alasan ini sebenarnya adalah pilihan. Jika kamu lebih mengutamakan kualitas, maka kamu tidak akan berpikir panjang masalah harga.

Produk branded dengan produk KW apa bedanya? Harga dan kualitas.

Jadi dengan harga jasa foto produk yang mahal, kamu akan mendapatkan foto produk yang detil, warna produk yang menyerupai aslinya, tampilan produk yang menarik, dan pelayanan yang memuaskan. Sehingga kegiatan bisnismu menjadi lebih mudah, dan kamu bisa menjual produk lebih banyak lagi.

Bagi seorang pebisnis, tentunya hal ini bukan pilihan yang sulit. Kualitas adalah segalanya, kualitas adalah uang, kualitas berarti keuntungan. Yes!

Nagari Studio punya cerita lucu. Dulu kami pernah mendapatkan seorang klien yang menurut kami cukup rewel, kaku, tidak mau tahu, dan merasa konsumen adalah raja.

Jujur saja, pengalaman itu bukan hal yang baik bagi kami dan mungkin saja klien kami itupun merasakan hal yang sama. Bahwa pelayanan Nagari Studio itu buruk. Prasangka kami pun diperkuat karena dia tidak melakukan kontak lagi dalam beberapa bulan.

Tapi, ternyata tiba-tiba si klien itu langsung memberi kabar kalau dia ada kirim produk lagi dan minta untuk difoto. Bahkan sampai sekarang, dia menjadi salah satu konsumen yang paling loyal sama Nagari Studio.

Yap, he is a real businessman. Dia tau siapa yang punya kualitas.

3. Foto produk adalah senjata untuk jualan online dan promosi

Alasan foto produk sebagai senjata bisnis online ini sudah pernah kami bahas secara lengkap di artikel Pentingnya Foto Produk untuk Bisnis Online.

Kalau yang ini kamu pasti setuju, karena tanpa foto produk konsumen pasti bingung dengan produk yang kamu jual.

Dan kalau foto yang kamu pasang itu kualitasnya buruk, konsumen juga akan kesulitan untuk melihat detil produk yang kamu tawarkan. Hasilnya, konsumen akan melihat produk lain.

Yang kamu butuhkan adalah foto produk dengan kualitas terbaik sehingga saat konsumen melihat-lihat lapak onlinemu, mereka bisa mencerna informasi yang banyak sehingga tidak ada rasa ragu lagi untuk melakukan pembelian.

4. Kamu membeli hak guna foto produk

Saat melakukan fotografi, hasil foto itu akan menjadi hak kekayaan intelektual fotografer sepenuhnya.

harga jasa foto produk murah karena membeli lisensi komersil

“Hey, tapi itu kan produk saya!”

Memang, tapi siapa yang memproduksi foto dari tidak ada foto menjadi ada foto? Fotografer.

Siapa yang menguras otak untuk mengatur pencahayaan, berimajinasi konsep, dan mengedit foto? Fotografer.

Jadi, hak milik foto produk itu adalah hak milik fotografer dan eksklusif menjadi milik fotografer. Hak milik kamu adalah produk kamu.

Yang bisa menuntut orang lain atas penggunaan foto yang tidak menjadi hak adalah fotografer karena dia memiliki segala bukti bahwa dialah yang menciptakan foto itu. Bukan kamu.

Foto produk merupakan hak cipta dan secara eksklusif adalah milik fotografer. Dan kamu bisa membeli lisensi guna komersil dan hak non-eksklusif atas foto tersebut.Nagari Studio

Merujuk pada pengertian HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang ditulis oleh UGM dan HKI.co.id

“Hak yang timbul bagi hasil olah pikir yang menghasikan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia”

“Kemampuan seorang kreator untuk mengijinkan atau melarang siapapun memanfaatkan karyanya, khususnya untuk tujuan komersial, adalah esensi utama dari adanya perlindungan Hak Kekayaan Intelektual.”

Kesepakatan harga yang terjadi ini sebenarnya adalah kesepakatan untuk membeli lisensi penggunaan dan kepemilikan non-eksklusif atas foto tersebut.

Informasi lain yang behubungan dengan hak cipta ini bisa kamu akses di http://www.dgip.go.id/pengenalan-hak-cipta and guess what? Fotografi menjadi salah satu item yang dilindungi oleh hak cipta.

Kesimpulan: Harga foto produk itu murah banget

Ada 4 alasan kongkrit yang membuat harga jasa foto produk di Indonesia itu sebenarnya sangat-sangat murah.

  1. Foto produk merupakan investasi bisnis.
  2. Harga jasa foto produk berbanding lurus dengan kualitas foto.
  3. Foto produk adalah senjata utama untuk jualan online dan promosi.
  4. Kamu membeli hak guna untuk kegiatan komersial yang akan memberikan keuntungan untuk kamu.

Dan ada 1 bonus alasan tambahan yang membuat harga foto produk itu makin murah lagi.

  1. Ketidaktahuan fotografer kalau ternyata hasil foto produk mereka itu memiliki hak kekayaan intelektual.

Pada alasan nomor 5, masih banyak fotografer yang buta akan hukum ini. Sebagai konsumen, kamu boleh berharap semoga saja mereka masih tidak tahu. Heheh… kalau ngga, ya pasti harga foto produk akan naik drastis.

Yap, itulah pembahasan dan alasan kenapa harga jasa foto produk di Indonesia itu sebenarnya murah banget. Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman melalui sosial media. Eits.. jangan asal copy paste ya, tulisan ini juga punya hak kekayaan intelektual loh 🙂

Suka dengan yang kamu baca?

Suka dengan yang kamu baca?

Langganan newsletter Nagari Studio untuk mendapatkan informasi menarik lain seperti yang kamu baca sekarang ini. Dan kamu juga akan jadi yang pertama tahu jika ada diskon atau program giveaway foto produk dari Nagari Studio.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This